Launching Dies Natalis Undip ke 57

backdrop-launching-dies-57

HADIRI dan SAKSIKAN Launching Dies Natalis Undip ke 57 yang menjadi satu rangkaian kegiatan rutin Bersepeda, Senam dan Menanam bersama dengan Rektor dan Jajaran Pejabat, Dosen, Karyawan dan Mahasiswa pada Hari Jumat, 19/9 di Depan Halaman gedung ICT, kampus Undip Tembalang.

Kegiatan Lauching nanti akan ditandai dengan pelepasan dua BOLON ZEPPELIN yang akan terpasang selama sebulan di atas atap ICT Center dan LAB Terpadu. Pelepasan balon ini diikuti oleh pelepasan balon udara Helium oleh Rekor Undip, 11 Dekan Fakultas, Direktur Pasca Sarjana, Keuta LPPM, dan Ketua LP2MP.Acara akan diawali dengan kegiatan bersepeda strat dari rektorat pukul 6.00 wib.

3 Calon Rektor Terpilih

pilrek

Semarang,undip.ac.id- Proses pemilihan rektor Universitas Diponegoro tahap pertama berupa penyaringan calon rektor, akhirnya selesai dilaksanakan. Melalui proses pemilihan yang dilakukan anggota senat, Rabu (10/9), dari 4 bakal calon raktor yang mencalonkan diri, akhirnya terpilih tiga calon rektor yang mendapat suara terbanyak melalui pemungutan suara.

''Setelah melalui proses penyaringan ini, maka paniti menetapkan tiga calon rektor yang nantinya akan mengikuti proses pemilihan. Ketiga nama calon ini juga akan kita kirimkan ke Mendikbud,'' jelas Ketua Panitia Pemilihan, Prof Sunarso

Prof Narso menuturkan pengiriman berkas nama calon rektor yang lolos ini, juga akan disertai dengan visi-misi, curiculum vitae dan program kerja yang ditawarkan. ''Hal ini dimaksudkan agar Mendikbud bisa mengetahui program kerja yang ditawarkan para calon, karena dalam proses pemilihan nantinya, Mendikbud juga akan ikut memberikan suaranya,'' ujarnya

Sebelumnya, dalam proses pemilihan Rektor Undip periode 2014-2018, ada empat bakal calon yang mendaftar ke panitia pemilihan. Keempatnya terdiri dari Empat guru besar dari tiga fakultas di lingkungan Undip. Mereka yaitu Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Prof.Drs. M. Nasir, M.Si, PhD, Ketua Jurusan Akutansi FEB Prof Dr M Syafruddin,Msi,Akt Guru Besar FH Undip Prof Dr L.Tri Setyawanta R,S.H,M.Hum, dan Ketua Program Doktor dan Magister Ilmu Lingkungan Prof Dr.Ir.Purwanto, DEA

Namun dalam proses penyaringan yang dihadiri 123 orang dari 133 anggota senat Undip yang hadir, Prof Dr Lazarus Tri Setyawanta dipastikan tidak akan mengikuti proses selanjutnya karena hanya memperoleh 1 suara dukungan. Sedangkan tiga bakal calon lainnya, antara lain Prof Muhammad Nasir PhD mendapat 87 suara, Prof Dr M Syafruddin mendapat 22 suara, dan Prof Dr Purwanto mendapat 13 suara.

Prof Narso mengatakan terhadap ketiga calon rektor yang nantinya ditetapkan, akan dilakukan pemilihan yang juga diikuti oleh seluruh anggota senat. Sesuai jadwal, proses pemilihan akan dilaksanakan tanggal 29 September 2014.

“dalam proses pemilihan tersebut, Mendikbud akan memiliki hak suara sebesar 35 persen. Bila dikonversikan dengan jumlah anggota senat Undip sebanyak 133 orang, maka hal suara yang dimiliki Menteri berjumlah 71 suara. ''Dengan demikian, kemana suara menteri akan menentukan siapa calon rektor yang akan terpilih,'' katanya.

(HUMAS/Ip-Rk)

Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru

Welcom

Semarang, ft.undip.ac.id - Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru Tahun 2014 Fakultas Teknik  berlangsung hari Selasa (2/9) di Gedung GSG Prof. Sudharto, SH.  Acara tersebut dihadiri oleh seluruh Pimpinan Fakultas Teknik, staff dan panitia dari mahasiswa BEM.  Pimpinan Fakultas Teknik Undip terdiri dari Dekan, Pembantu Dekan I, Pembantu Dekan II, Pembantu Dekan III, Pembantu IV, Ketua Jurusan, Ketua Program Studi masing-masing pimpinan memberikan informasi berupa materi tentang pengenalan di bidang akademik, keuangan, administrasi, kemahasiswaan, dan nilai budaya, serta etika di Fakultas Teknik. Acara tersebut dimulai pada pukul 07.00 WIB mahasiswa baru berbaris sesuai barisan jurusan masing-masing mengenakan pakaian atasan kemeja putih dan bawahan hitam.  Sedangkan di hari kedua pelaksanaan pengenalan dijurusan masing-masing.

Mahasiswa Baru Fakultas Teknik Undip yang diterima sejumlah 2338 mahasiswa, terdiri dari :

Jurusan Jumlah
Program Sarjana
T Sipil 224
T Arsitektur 145
T.Kimia 209
T.PWK 128
T. Mesin 174
T. Elektro 138
T. Perkapalan 168
T. Industri 136
T. Lingkungan 116
T. Geologi 103
T. Geodesi 103
Sist Komputer 110
Jumlah 1754
Program Diploma
T. Sipil 114
T. Kima 130
T. Elektro 80
T. Mesin 61
T. Perkapalan 75
T. PWk 62
Desain Arsitektur 62
Jumlah
584

Orientasi Diponegoro Muda

 

akucintaundip

Semarang.undip.ac.id- Minggu (7/9), Stadion Utama Universitas Diponegoro dipadati sekitar delapan ribu mahasiswa baru yang disebut Diponegoro Muda 2014. Rupanya, mereka akan mengikuti acara Orientasi Diponegoro Muda (ODM). Sejak pukul 06.00 WIB, Diponegoro Muda 2014 telah berkumpul. Acara dihadiri juga oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Rektor Undip Prof. Sudharto , PR 3 Undip serta seluruh jajaran Bidang III Kemahasiswaan


ODM merupakan rangkaian acara Program Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) yang digelar selama sepekan. Sebelumnya, Diponegoro Muda 2014 mengikuti upacara pelantikan, PPMB fakultas, jurusan, dan pendidikan karakter.

Dengan tema “Menyambut Diponegoro Muda dalam Harmonisasi Cipta, Rasa, dan Karsa untuk Senyum Indonesia, Badan Eksekutif Mahaasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Undip berharap, ajang tersebut dapat menjadi wadah untuk memperkenalkan Diponegoro Muda 2014 dengan sivitas akademika Undip. Dengan demikian, selepas lulus dari Undip, para mahasiswa tetap membawa nama baik Undip melalui penciptaan mahakarya.

Menurut Rektor Undip, Prof. Sudharto, ODM merupakan wahana untuk membekali Diponegoro Muda 2014 untuk tidak hanya cerdas secara akademik. Prof. Sudharto menginginkan mahasiswa memiliki kompetensi lain, seperti kepemimpinan, jaringan pertemanan, motivasi diri, dan kewirausahaan. Ditambahkan, dengan mengikuti ODM, Diponegoro Muda dapat mengetahui organisasi apa saja yang terdapat di Undip. “Dengan demikian, para mahasiswa baru dapat memilih organisasi yang akan mereka geluti sesuai dengan bakat dan minat,” tuturnya.

Prof. Sudharto menambahkan, kampus bukan hanya tempat menuntut ilmu. Kampus itu layaknya kawah candradimuka untuk menempa mahasiswa menjadi pemimpin dan pelopor bangsa. Prof. Sudharto mengaku bangga dengan pelaksanaan acara tersebut. Kelak di tahun mendatang, acara tersebut akan kembali diselenggarakan.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo turut hadir dalam acara tersebut. Ganjar tak segan-segan untuk membaur dengan Diponegoro Muda. Menurutnya, yang dibutuhkan saat ini adalah generasi muda yang mampu membersihkan negeri ini dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN). Mahasiswa perlu membekali diri dengan moral yang baik, tanpa melupakan ilmu.  “Saat ini, mahasiswa terkesan individualis. Padahal, cuek bebek itu tidak pas dengan nilai-nilai yang dianut bangsa Indonesia. Peduli, gotong-royong, demokratis, rembugan, dan dialog-lah yang menjadi ciri khas bangsa ini,” ujarnya menekankan.

“Kedekatan emosional dan kesan yang baik harus dibangun sejak awal. Untuk itulah BEM KM menggagas gerakan Aku Cinta Undip lewat acara ODM ini,” tutur Taufiq Aulia Rahmat, Presiden BEM KM Undip.

Lembaga mahasiswa yang ada di Undip, misalnya BEM Fakultas, Himpunan Jurusan, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan sivitas akademika dilibatkan dalam acara tersebut. Kegiatan yang dimulai pada pukul 06.30 WIB dibuka dengan foto angkatan mahasiswa baru 2014 dengan membentuk formasi “Aku Cinta Undip” yang berlatar bendera merah putih. Formasi itu terbentuk dari bentangan kertas asturo. Setelah itu, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hyme Undip, Mars Undip yang dipandu oleh Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Undip.

Penampilan pembuka diawali oleh UKM Beladiri Merpati Putih, Margaluyu, Kempo, Taekwondo dan Inkai. Duet performence dari UKM Kesenian Jawa dan Teater Dipo serta penampilan Gambang Semarang juga memikat para mahasiswa baru. Setelah itu, pengenalan BEM KM beserta punggawa dipandu oleh Taufik Aulia Rahmat selaku Presiden BEM KM Undip 2014. Dilanjutkan dengan pengenalan Ketua BEM Fakultas dan Ketua Himpunan Jurusan lengkap dengan pengibaran bendera fakultas masing-masing. Perkusi dari Jurusan Arsitektur dan modern dance juga tampil dalam acara itu. Rektor pun ikut memberikan hadiah kepada pemenang cipta lagu jingle angkatan 2014.

Penerbangan 1000 balon bertuliskan Aku Cinta Undip dan penyalaan kembang api menjadi penutup acara itu. Kebahagiaan terpancar dari ribuan wajah mahasiswa baru. Terik matahari tak menjadi penghalang mereka untuk tersenyum. Mahasiswa baru pun dikejutkan dengan penyambutan dari BEM KM Undip berupa tulisan “SELAMAT DATANG DIPONEGORO MUDA” ketika mereka diminta berbalik badan.

Aldi Rizaldy, mahasiswa baru dari Jurusan Ilmu Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya mengaku puas mengikuti acara tersebut. Dia bangga dan tidak menyangka para mahasiswa baru disambut dengan meriah oleh BEM KM Undip dan sivitas akademika Undip. Mendatang, dia akan menjadi mahasiswa yang mengharumkan nama Undip. “Nyala api semangat Diponegoro harus selalu berkobar di benak para mahasiswa Undip,” katanya.

Afandi Rahmat Aris, ketua panitia ODM mengatakan, kepuasan dan kebanggaan bagi dia dan panitia dapat menyelenggarakan acara itu. Apalagi, keberadaan sebagai sarana untuk mengakrabkan diri antar mahasiswa baru. “Diharapkan sesama mahasiswa baru, dapat mengenal teman-temannya yang lain di seluruh fakultas, tanpa adanya jarak dan diskriminasi,” ucap Afandi.

(Kontributor: Shela)

Daftar Bakal Calon Rektor Undip

 


Semarang,sipil.undip.ac.id. Universitas Diponegoro akan punya gawe besar yaitu pemilihan Rektor baru. pada tahun ini terdapat 4 bakal calon rektor Universitas Diponegoro; yang pertama yaitu Prof.Dr. Muchamad Syafruddin, M.Si, Akt dari FEB kemudian Prof. Drs. H. Mohamad Nasir, M.Si., Akt., Ph.D juga dari FEB yang ketiga dari Fakultas Hukum Prof. Dr. L. Tri Setyawanta R, SH., M.Hum dan yang terakhir dari Fakultas Teknik Prof. Dr. Ir. Purwanto, DEA.

untuk Jadwal Pemilihan rektor bisa dilihat disini

Bahan Sosialisasi Pemilihan Rektor unduh di sini

Page 12 of 16