Pemilihan Dekan Fakultas Teknik

pilihandekanft

Semarang, ft.undip.ac.id. Agenda Lima Tahunan Fakultas Teknik Undip dalam rangka regenerasi Pimpinan Fakultas / Dekan dan jajarannya kembali digelar. Kegiatan dimulai dari Persiapan-persiapan yang telah dilakukan Senat FT Undip dengan membentuk kepanitiaan (2 Juni 2014) dan bekerja sejak 19 Juni 2014.

Salah satu kegiatan dalam rangka pemilihan Dekan Fakultas Teknik 2015-2019 adalah Penjaringan Aspirasi Civitas Akademika FT Undip (16 Oktober – 26 Oktober 2014)

Seluruh hasil rekapitulasi penjaringan aspirasi bersifat tertutup tidak dipublikasikan umum, hanya sebagai masukan / laporan  untuk seluruh Anggota Senat FT Undip (yang memiliki Hak Pilih / suara)  saat dilakukan pemungutan suara pemilihan Dekan FT pada Rapat Senat Tertutup FT Undip 28 Oktober 2014 di Ruang Pertemuan Lt 3 Dekanat FT Undip Tembalang.

Penjaringan Aspirasi  dari Dosen, Staf dan Mahasiswa  dimaksudkan untuk memberikan masukan kepada Senat Fakultas Teknik Undip dalam rangka pemilihan Dekan FT Undip. Penentuan / Pemilihan Dekan Fakultas Teknik tetap dilaksanakan dan suara mutlak  oleh Seluruh Anggota Senat Fakultas Teknik pada 28 Oktober 2014 nanti.

Informasi seputar pemilihan Dekan Fakultas Teknik Undip dapat dikunjungi pada situs Pemilihan Dekan FT Undip.

Berita terkait: http://pildek.ft.undip.ac.id/

Nama-nama calon Dekan Fakultas Teknik Periode 2015-2019 bisa di lihat di web pemilihan Dekan FT Undip ( http://pildek.ft.undip.ac.id)

7 Bakal Calon Dekan FT

Semarang, undip.ac.id. Tujuh Dosen Fakultas Teknik Undip siap mencalonkan diri untuk berkarya menyumbangkan tenaga dan pikiran untuk memimpin dan memajukan Fakultas Teknik Undip. Penetapan Bakal Calon Dekan Fakultas Teknik Undip berdasarkan rapat senat Fakultas Teknik Undip hari ini, 15 Oktober 2014 dihadiri seluruh anggota senat FT.  Pemilihan Calon Dekan Fakultas Teknik Undip sendiri akan dilaksanakan Tanggal 28 Oktober 2014 di Ruang Pertemuan Lantai 3 Dekanat Fakultas Teknik Tembalang Semarang.

Aspirasi seluruh civitas akademika Fakultas Teknik Undip ( dosen, mahasiswa dan staf kependidikan ) dapat disampaikan melalui Situs Penjaringan Aspirasi Pemilihan Dekan FT 2014-2019 mulai Tanggal 16 Oktober 2014.

Bakal Calon Dekan Fakultas Teknik Undip :

balon dekan

Jalan Sehat Dies Undip ke 57

index

Dalam rangka Dies Natalis Universitas Diponegoro ke 57 akan dimeriahkan dengan jalan sehat. Jalan sehat ini akan diikuti oleh dosen dan keluarga, karyawan dan keluarga, mahasiswa serta perwakilan dari mitra Undip, masyarakat di sekitar kampus. Jalan sehat keakraban ini disediakan door prize berupa kendaraan bermotor, barang elektronik, tiket pesawat, tabungan dari perbankkan yang disediakan oleh mitra-mitra Undip.

Jalan sehat yang dimulai dari gedung Prof Sudarto ini juga akan disiapkan hiburan dengan diselang-selingi pengundian door prize. Rute yang akan dilalui terpusat di dalam kampus dan melewati tempat-tempat yang indah untuk dilihat.

Acara akan dilaksanakan pada:

  • Hari:  Sabtu
  • Tanggal: 11 Oktober 2011
  • Waktu: 06.00 s/d selesai pemberian door prize dan hiburan
  • Tempat: Kampus Undip dan difokuskan di Gedung Prof Soedarto

Jalan sehat ini jugaakan dimeriahkan dengan disediakan otlet UKM binaan perbankan. Mari kita meriahkan acara Jalan Sehat Keakraban ini.

Dirgahayulah Almamaterku.

Mapateksi Gelar Lari di Hutan Penggaron

trailrun

Semarang.undip.ac.id. Mahasiswa Pecinta Alam Teknik Sipil (Mapateksi) Undip gelar lomba lari “Trail Run Mapateksi” di wanawisata hutan penggaron, kabupaten Semarang, Sabtu (11/10). Acara ini bekerjasama dengan pihak Perhutani yang dihadiri oleh ratusan peserta terdiri dari masyarakat umum, Mapala, komunitas lari dari dalam maupun luar kota Semarang.

Ketua Panitia, Fadhlul Rahman menyatakan, kegiatan ini merupakan wadah bagi pecinta lari yang unik. “kami memberikan sesuatu yang berbeda, biasanya berlari di jalanan , ini berlari menembus hutan” terangnya.

Lari dengan jarak 10 km ini diselingi dengan 4 water station disepanjang jalur. diberikan pula penunjuk arah untuk menuntun peserta ke garis finish. Peserta tercepat adalah Heri asal Jogjakarta dengan catatan waktu 48 menit. Setelah  mencapai finishacara jugadimeriahkan oleh panggung musik dan jutaan doorprize.

Ketua Mapateksi, Thias Ginanjar menambahkan, kegiatan ini merupakan kali pertama digelar oleh Mapateksi sebagai program kerja andalan dari kepengurusannya. “untuk kali pertama, alhamdulillah kegiatan ini didukung berbagai pihak seperti Jurusan Teknik Sipil Undip, Perhutani, Dinas Pemuda Olahraga dan Parawisata Kabupaten Semarang serta berbagai sponsor” katanya.

Selain lari kegiatan ini juga sebagai bentuk peduli lingkungan karena setiap pelari akan menyumbangkan 1 bibit pohon untuk acara konservasi lingkungan dari Mapateksi selanjutnya. “sudah banyak Mapala yang menggelar fun hiking kita punya cara lain untuk mengajak anak muda mendekatkan diri ke alam yaitu dengan lari di hutan, apalagi dengan lari ini bisa menyumbang bibit pohon juga” katanya.

Ketua Jurusan Teknik Sipil Undip, Sumbogo Pranoto, sangat mendukung kegiatan yang memperhatikan kelestarian lingkungan dibalut dengan hobi anak muda seperti ini. “Mapateksi sebagai Mapala Teknik Sipil harus selalu melakukan hal positif bagi lingkungan karena sebagai engineerpunnanti kita dituntut untuk selalu memperhatikan green development”. Dia juga berpesan agar Mapateksi selalu menjadi pioneer Mapala yang mempunyai kepedulian tinggi terhadap lingkungan.Ir/Mteksi

Prof. Nasir Rektor Undip yang Baru

 

prof. nasir1

Semarang, undip.ac.id. Pemilihan Rektor baru Universitas Diponegoro (Undip) Semarang memasuki tahap akhir. Melalui pemilihan langsung dalam rapat senat tertutup, Prof.Drs.M. Nasir, M.Si, PhD pun terpilih sebagai pemimpin baru Undip hingga empat tahun ke depan yakni perode 2014-2018.

Pada pemilihan tersebut, Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Prof.Drs. M. Nasir, M.Si, PhD terpilih sebagai rektor dengan jumlah suara sebanyak  148 dari dua kandidat lainnya. Sementara kandidat lain, yakni Prof. Dr .M .Syafruddin,Msi,Akt, meraih  36 suara dan Prof .Dr.Ir.Purwanto, DEA  mendapatkan 14 suara dan ada 7 anggota senat yang tidak hadir atau memberikan suaranya sehingga total jumlah suara 198 suara.

Seperti yang telah diberitakan ketiga  calon rektor Undip, telah diajukan ke Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. ketiga calon rektor tersebut yakni Prof.Drs. M. Nasir, M.Si, PhD, Dr M Syafruddin,Msi,Akt,, dan dan Prof Dr.Ir.Purwanto, DEA dalam proses tersebut, sesuai dengan Peraturan Kementerian Pendidikan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 33 Tahun 2012 Pasal 7 huruf e tentang pengangkatan dan pemberhentian rektor, menteri memiliki hak suara sebanyak 35 persen dan senat universitas 65 persen dalam memilih rektor.

prof. nasir2

Ketua Panitia Pemilihan Rektor Undip Prof . Sunarso  menyampaikan, keseluruhan jumlah suara dalam pemilihan tersebut berjumlah 205 yang  terdiri dari 133 suara anggota senat universitas dan 72 suara dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh atau 35 persen dari total suara. Pelantikan rektor baru akan dilakukan bertepatan berakhirnya masa jabatan rektor saat ini, yakni bulan Desember pada tanggal 18 Desember 2014 bertepatan dengan berakhirnya masa jabatan rektor periode 2010-2014," ujarnya.

Sebagai Rektor Undip yang terpilih,  Prof. Nasir menyatakan akan menjalankan semua tugas sesuai aturan yang ada. "Pengembangan Undip untuk menuju universitas riset diantaranya adalah dengan meningkatkan budaya akademik, baik dosen maupun mahasiswa, juga mewujudkan Good University Governance, dimana Undip menjadi salah satu diantara beberapa PTN yang dipersiapkan menjadi PTN BH” terangnya.“Sedangkan pengembangan kemahasiswaan salah satunya ada komunitas-komunitas penelitian mahasiswa” lanjutnya. “Jabatan merupakan amanah tetapi yang terpenting adalah bagaimana upaya kita untuk meningkatkan riset dan pengembangan institusi untuk bisa divisitasi dunia” harapnya.

Page 10 of 15