3 Calon Rektor Undip Sudah di Tetapkan

Universitas Diponegoro menetapkan tiga nama calon rektor yang akan bersaing pada pemilihan kembali rektor yang digelar 2 April mendatang. Tiga calon rektor yang lolos pada proses penyaringan melalui rapat senat tertutup, antara lain Prof Slamet Budi Prayitno dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Prof M Arifin dari Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP), Prof Yos Johan Utama dari Fakultas Hukum Undip.

Tiga Calon ini ditetapkan dari lima bakal calon rektor yang mendaftar di senat universitas, dua calon lain  adalah Prof Ocky Karna Radjasa dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), dan Muhammad Nur dari Fakultas Sains dan Matematika (FSM).

“Pada proses penyaringan, pemilih (anggota senat) yang hadir 119 orang. Prof Slamet Budi memperoleh 37 suara, Prof Arifin 32 suara, Prof Yos 27 suara. Sedangkan Prof Ocky memperoleh 11 suara dan M Nur mendapat 11 suara. Dari jumlah itu, ada satu suara rusak,” papar Ketua Panitia Pilrek Undip Prof Sunarso. Sebelum dilakukan proses penyaringan dari lima bakal calon menjadi tiga calon yang akan maju pada pilrek, kelimanya mengikuti rapat senat terbuka untuk menyampaikan program kerja calon rektor di Gedung Prof Soedarto Kampus Undip Tembalang.

Job Fair Undip 2015

 

Semarang,Undip.ac.id Ratusan Lowongan pekerjaan akan disediakan di Job Fair Undip yang diikuti tak kurang  dari  45 perusahaan lokal dan nasional akan turut meramaikan bursa kerja yang diadakan oleh Universitas Diponegoro (Undip),( Jumat-sabtu) 30-31 Januari 2015.

Menurut Ketua Panitia Job Fair Agung Budiatmo menjanjikan ratusan lowongan kerja akan dibuka untuk setiap harinya selama kegiatan berlangsung. Hal ini tentu sesuai dengan tujuan utama event ini, yaitu mempertemukan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dengan calon tenaga kerja yang pas.

 

Agung memperkirakan sekitar 6000 jobseeker akan meramaikan Job Fair Undip ini. Dengan event ini, kata dia, para jobseeker akan merasa diuntungkan.

"Mereka tentunya akan bisa memilih perusahaan yang dinginkan, melakukan tes dan wawancara ditempat," paparnya.

Perusahaan-perusahaan dan BUMN pun diuntungkan, karena mereka bisa merekrut kandidat-kandidat berkualitas dari Undip  dan perguruan-perguruan tinggi lain di Jateng dan DIY. Selain itu, perusahaan-perusahaan tersebut dapat juga melakukan eksibisi untuk memperkenalkan perusahaan yang bersangkutan kepada masyarakat umum.

Bursa kerja nantinya akan berlangsung di Auditorium Undip Pleburan. Tak berbeda dengan gelaran sebelumnya, Job  Fair kali ini terbuka untuk umum bagi job seeker dari seluruh Indonesia baik alumni  maupun bukan.  Perusahaan ternama seperti Bank Mandiri,  PURA Group, NASMOCO, Bank CIMB NIAGA pun akan membuka stand untuk menjaring kandidat pekerja lewat bursa kerja ini.

”Acara ini terbuka untuk umum dari berbagai jurusan dan universitas,” ujarnya

IP/Humas

Serah Terima Jabatan Dekan FT

sertijabdekanft

Ft.undip.ac.id - Pada hari Selasa, 20 Januari 2015 bertempat di Aula Dekanat Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (Faculty of Engineering Diponegoro University) telah dilakukan serah terima jabatan dekan Fakultas Teknik dari pejabat lama Ir. Bambang Pudjianto, MT kepada Pejabat   baru Ir M.Agung Wibowo,MM,M.Sc.,Ph.D.

Hadir pada acara tersebut Para Pembantu Dekan, Guru Besar, Ketua dan Sekretaris Jurusan/ Program Studi, Kepala Bagian Tata Usaha dan para Kepala Sub Bagian, Badan Eksekutif Mahasiswa, Senat Mahasiswa, para dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan Fakultas Teknik

Dalam Sambutannya dekan lama menyampaikan terima kasih kepada para ketua jurusan/ ketua prodi, para pembantu dekan dan segenap dosen dan tenaga kependidikan yang salama ini telah mendukung program kerjanya . Banyak kemajuan yang telah dicapai di fakultas teknik seperti program dobel degree, peningkatan kerjasama, peningkatan akreditasi program studi dan lain-lain. Kemajuan ini  tidak lain karena hasil kerjasama para ketua jurusan/ program studi, pembantu dekan dan tenaga kependidikan. Selanjutya beliau menyampaikan harapan semoga dimasa depan pergantian pejabat/ pimpinan/ dekan dapat dilakukan secara terbuka, transparan dan demokratis sebagaimana telah kita lakukan selama ini.

Sementara itu pejabat dekan yang baru Ir. M.Agung Wibowo,MM,M.Sc.,Ph.D menyampaikan terima kasih kepada dekan lama yang selama ini telah melicinkan jalan pengembangan kerjasama bagi kemajuan fakultas  sekaligus telah meletakkan dasar untuk kegiatan-kegiatan di fakultas pada waktu yang akan datang. Masih banyak tantangan ke depan yang harus kita hadapi seperti peningkatan akreditasi program studi, pengembangan mahasiswa, pengembangan sistim informasi, penataan struktur organasisi ke PTNBH dan lain-lain. Pada saat ini  jurusan mesin dan kimia sedang dalam proses assessment Asean University Network (AUN) yang berlangsung sejak tanggal 19 Januari 2015. Diharapkan program studi yang lain segera bias menyusul, sehigga anak didik kita bisa mengikuti kuliah di Universitas yang menjadi anggotan AUN. Pada akhir sambutannya dekan baru mengajak semua sivitas akademika di lingkungan fakultas teknik untuk selalu bekerja sama saling bahu membahu demi kemajuan fakultas yang kita cintai ini

SNMPTN 2015 Resmi Diluncurkan

Semarang, ft.undip.ac.id - SNMPTN 2015 resmi diluncurkan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), M. Nasir pada hari Kamis (15/1) di Auditorium Lantai 2 Gedung D, Ditjen Dikti, Senayan.

Dalam sambutannya, Menristekdikti mengatakan sistem penyelenggaraan SNMPTN masih perlu dievaluasi, terlebih dengan adanya penggabungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemristek). Untuk itu, Menristekdikti berharap Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dapat merespon positif adanya perubahan tersebut . “Hal ini demi kelancaran proses pembelajaran di negeri ini sesuai dengan Undang-Undang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional-red) dan Pendidikan Tinggi” ungkapnya.

Menristekdikti juga menghimbau pelaksanaan SNMPTN 2015 agar tidak terjadi diskriminasi kepada peserta. Baik itu penyandang disabilitas, maupun peserta yang berada di daerah  terluar dan terdepan. “Semua mendapat hak yang sama. Sehingga pendidikan lebih terjamin dan merata” kata Menristekdikti.

SNMPTN 2015 menampung mahasiswa baru untuk setiap program studi (prodi) paling sedikit sebanyak 50%. Tahun ini sebanyak 63 PTN mengikuti proses seleksi dengan SNMPTN. “Untuk 13 PTN baru, belum bisa ikut serta dalam SNMPTN tahun ini karena masih dalam tahap pendampingan” ujar Rochmat Wahab selaku Ketua SNMPTN 2015 menambahkan.

Persyaratan untuk calon peserta SNMPTN antara lain harus sudah berada di kelas terakhir pendidikan menengah (SMA/MA/SMK/MAK), memiliki prestasi akademik, serta memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN. Peserta diperbolehkan memilih maksimal dua PTN dengan ketentuan jika memilih dua PTN, maka salah satu PTN harus berasal dari provinsi yang sama dengan asal sekolah siswa. Untuk pemilihan prodi, peserta dapat memilih maksimal tiga prodi dengan ketentuan satu PTN maksimal dua prodi.

Untuk pendaftaran nantinya masing-masing sekolah dan siswa harus mengisi data terlebih dahulu melalui Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) di laman pdss.snmptn.ac.id yang kemudian akan diverifikasi. Sedangkan untuk pendaftaran prodi PTN melalui laman snmptn.ac.id.

Berikut adalah jadwal pelaksanaan SNMPTN 2015 :

Kegiatan Waktu
Pengisian dan Verifikasi PDSS 22 Januari – 8 Maret 2015
Pendaftaran 13 Februari – 15 Maret 2015
Pengolahan data 16 Maret – 8 Mei 2015
Pengumuman Kelulusan 9 Mei 2015
Pendaftaran ulang peserta yang lulus SNMPTN 9 Juni 2015 (Bersamaan dengan Ujian Tertulis SBMPTN)

Lampiran

MATERI JUMPA PERS SNMPTN 2015

Tautan: www.dikti.go.id

Dekan FT sudah dilantik

dekanftdilantik

Semarang,sipil.undip.ac.id - Pada hari Kamis tanggal 15 Januari 2015 kemaren secara resmi Dekan Fakultas Teknik yaitu Ir. M. Agung Wibowo, MM, Msc, PhD dilantik bersamaan dengan dilantiknya 7 Dekan dari beberapa Fakultas di Undip. Pelantikan dilakukan oleh Rektor Undip Prof sudharto P Hadi di Hall Rektorat Undip Tembalang. Selain itu pada hari yang sama juga dilantik Ketua dan Sekretaris Program Studi yang ada di Undip.

Rektor dalam pidato sambutannya mengatakan para Dekan baru yang baru dilantik hendaknya dapat menjadi pemimpin Transformasional yaitu pemimpin yang dapat memberikan inspirasi, keteladan, kreasi dan inovasi pada sebuah lembaga yang dipimpinya sehingga apa yang menjadi tujuannya dapat segera tercapai. Lebih dari itu, Undip juga diharapkan dapat memberikan dukungan yang besar agar kiprah yang dilakukan mempunyai relevansi yang tinggi bagi masyarakat, bangsa, dan negara serta terlibat dalam mengurai permasalahan bangsa. katanya

Untuk itu, Sudarto mengharapkan dukungan dan kerja sama para dekan baru dalam membawa Undip yang lebih baik ke depan serta memberikan kemanfaatan bagi masyarakat, bangsa, dan negara. Meskipun memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing, tetapi wajib bersinergi dan bekerja sama. Mohon dukungan semua pihak agar Undip di masa datang mampu memberikan kontribusi yang signifikan bagi bangsa dan negara, tuturnya. Dalam kesempatan itu, Rektor tak lupa mengucapkan terima kasih kepada pejabat lama atas pengabdian dan dedikasinya yang dilakukan untuk kemajuan Undip.

Page 9 of 16