Serah Terima Jabatan Dekan FT

sertijabdekanft

Ft.undip.ac.id - Pada hari Selasa, 20 Januari 2015 bertempat di Aula Dekanat Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (Faculty of Engineering Diponegoro University) telah dilakukan serah terima jabatan dekan Fakultas Teknik dari pejabat lama Ir. Bambang Pudjianto, MT kepada Pejabat   baru Ir M.Agung Wibowo,MM,M.Sc.,Ph.D.

Hadir pada acara tersebut Para Pembantu Dekan, Guru Besar, Ketua dan Sekretaris Jurusan/ Program Studi, Kepala Bagian Tata Usaha dan para Kepala Sub Bagian, Badan Eksekutif Mahasiswa, Senat Mahasiswa, para dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan Fakultas Teknik

Dalam Sambutannya dekan lama menyampaikan terima kasih kepada para ketua jurusan/ ketua prodi, para pembantu dekan dan segenap dosen dan tenaga kependidikan yang salama ini telah mendukung program kerjanya . Banyak kemajuan yang telah dicapai di fakultas teknik seperti program dobel degree, peningkatan kerjasama, peningkatan akreditasi program studi dan lain-lain. Kemajuan ini  tidak lain karena hasil kerjasama para ketua jurusan/ program studi, pembantu dekan dan tenaga kependidikan. Selanjutya beliau menyampaikan harapan semoga dimasa depan pergantian pejabat/ pimpinan/ dekan dapat dilakukan secara terbuka, transparan dan demokratis sebagaimana telah kita lakukan selama ini.

Sementara itu pejabat dekan yang baru Ir. M.Agung Wibowo,MM,M.Sc.,Ph.D menyampaikan terima kasih kepada dekan lama yang selama ini telah melicinkan jalan pengembangan kerjasama bagi kemajuan fakultas  sekaligus telah meletakkan dasar untuk kegiatan-kegiatan di fakultas pada waktu yang akan datang. Masih banyak tantangan ke depan yang harus kita hadapi seperti peningkatan akreditasi program studi, pengembangan mahasiswa, pengembangan sistim informasi, penataan struktur organasisi ke PTNBH dan lain-lain. Pada saat ini  jurusan mesin dan kimia sedang dalam proses assessment Asean University Network (AUN) yang berlangsung sejak tanggal 19 Januari 2015. Diharapkan program studi yang lain segera bias menyusul, sehigga anak didik kita bisa mengikuti kuliah di Universitas yang menjadi anggotan AUN. Pada akhir sambutannya dekan baru mengajak semua sivitas akademika di lingkungan fakultas teknik untuk selalu bekerja sama saling bahu membahu demi kemajuan fakultas yang kita cintai ini

Dekan FT sudah dilantik

dekanftdilantik

Semarang,sipil.undip.ac.id - Pada hari Kamis tanggal 15 Januari 2015 kemaren secara resmi Dekan Fakultas Teknik yaitu Ir. M. Agung Wibowo, MM, Msc, PhD dilantik bersamaan dengan dilantiknya 7 Dekan dari beberapa Fakultas di Undip. Pelantikan dilakukan oleh Rektor Undip Prof sudharto P Hadi di Hall Rektorat Undip Tembalang. Selain itu pada hari yang sama juga dilantik Ketua dan Sekretaris Program Studi yang ada di Undip.

Rektor dalam pidato sambutannya mengatakan para Dekan baru yang baru dilantik hendaknya dapat menjadi pemimpin Transformasional yaitu pemimpin yang dapat memberikan inspirasi, keteladan, kreasi dan inovasi pada sebuah lembaga yang dipimpinya sehingga apa yang menjadi tujuannya dapat segera tercapai. Lebih dari itu, Undip juga diharapkan dapat memberikan dukungan yang besar agar kiprah yang dilakukan mempunyai relevansi yang tinggi bagi masyarakat, bangsa, dan negara serta terlibat dalam mengurai permasalahan bangsa. katanya

Untuk itu, Sudarto mengharapkan dukungan dan kerja sama para dekan baru dalam membawa Undip yang lebih baik ke depan serta memberikan kemanfaatan bagi masyarakat, bangsa, dan negara. Meskipun memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing, tetapi wajib bersinergi dan bekerja sama. Mohon dukungan semua pihak agar Undip di masa datang mampu memberikan kontribusi yang signifikan bagi bangsa dan negara, tuturnya. Dalam kesempatan itu, Rektor tak lupa mengucapkan terima kasih kepada pejabat lama atas pengabdian dan dedikasinya yang dilakukan untuk kemajuan Undip.

Diponegoro School of Nation 2014

Semarang.undip.ac.id. Semarang - Diponegoro School of Nation kembali digelar selama enam hari di Batalyon Zeni Tempur Ambarawa dan Desa Rowosari Semarang mulai Senin (1/12). Kegiatan yang dikemas dengan model military training ini diikuti oleh 42 orang peserta yang berasal dari sembilan Perguruan Tinggi se-Nasional. Acara ini diadakan untuk membekali para mahasiswa akan pemahaman mengenai bidang edukasi, kepemimpinan, dan kewirausahaan sebagai solusi permasalahan bangsa saat ini. Selain itu, acara ini sebagai salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa agar benar-benar menjadi mahasiswa yang unggul dan complete.

“Tahun ini, BEM KM yang dimotori oleh Kementrian Pengembangan Sumber Daya Manusia mengusung tema Build Youth Smart Leader with Passion and Nation’s Character. Maksud dari tema DSN 2014 ini untuk membentuk karakter mahasiswa yang kritis, solutif, serta memiliki nasionalisme dan integritas yang tinggi serta terbentuknya sinergisitas antar bidang academics, governance dan enteurpreneur, sehingga nantinya para pemuda – pemudi ini siap menerima tongkat estafet kepemimpinan bangsa Indonesia dimasa yang akan datang” ujar Wijaya Wahyudi Akbar selaku Menteri PSDM BEM KM Undip.

Dalam acara tersebut, juga dihadiri oleh pemateri kondang yakni Inu Kencana Syafiie. Dengan membawakan materi “Empowering Negeriku, Negerimu, Negeri Kita Semua” ia mampu menyulap suasana menjadi hening dan penuh haru. Cerita-cerita sejarah yang disampaikan antara lain adalah proses bagaimana negeri Indonesia bisa merdeka. Penciuman bendera merah putih menjadi puncak penutup materi yang membuat peserta menangis haru.

Selama empat hari, peserta telah mengikuti bebagai serangkaian acara. Meliputi materi dan diskusi umum di kelas besar serta diskusi per masing-masing kelas kecil (academics, governance dan enteurpreneur). Selain itu, outbond dilaksanakan yang dipandu oleh TNI Zipur Ambawara juga melatih keberanian dan teamwork para peserta. Di hari kelima pagi peserta langsung melaksanakan city tour di beberapa tempat, antara lain MURI, Masjid Agung Jawa Tengah, dan Kota Lama. Sebagai penutup dihari keenam yaitu kegiatan turun desa di Desa Rowosari. Pada kegiatan turun desa kali ii panitia dibantu oleh Kementrian Pengabdian Masyarakat BEM KM Undip dengan melibatkan MI Fatahillah, Karang Taruna serta Kelompok Ibu-ibu W-Ker yang bergerak dibidang pembuatan tas dari limbah sampah.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah MI Fatahillah mengucapkan terimakasih untuk peserta DSN 2014 yang telah hadir untuk berbagi ilmu dengan murid-murid, dan yang pasti kehadiran para mahasiswa ini telah menghibur sebelum menghadapi ujian semester.Sebagai penutup, salah satu peserta terbaik dari bidang Akademisi yaitu Rahmad Ramadhon delegasi dari Universitas Negeri Semarang menyampaikan kesannya selama mengikuti acara DSN 2014. “Acaranya keren luar biasa, bangga dan bisa belajar apalagi saat perpisahan memberikan arti kenangan yang tak terlupakan. Terimakasih untuk keluarga baru DSN 2014 : Kita untuk Selamanya”.

Besar harapan panitia untuk peserta agar dapat melanjutkan perjuangan ini. Memberikan solusi-solusi yang tepat untuk mengatasi berbagai masalah bangsa. Segenap panitia mengucapkan terimakasih untuk semua pihak yang telah membantu kesuksesan Diponegoro School of Nation 2014. Buatlah ibu Pertiwi tersenyum bahagia lewat karya-karya anak bangsa.Rsm

Undip Gelar Wayang Kulit

p4c3c1fa98428b

Semarang, undip.ac.id. Dalam rangka penutupan kegiatan Dies Natalis Universitas Diponegoro ke 57,  diselenggarakan pergelaran Wayang Kulit oleh Nyi Dalang Kanjeng Masayu Tumenggung Rum Ajang Kenyowursito dari Surakarta dengan mengambil lakon Dalang Karung-rungan, Senin 29 Desember 2014 mulai jam 21:00 sampai dengan jam 02:00 di Gedung Serba Guna Prof Soedarto, Kampus Tembalang.  Akan tampil mengiringi UKM Tari Jawa Undip dan bintang tamu Nurhana. Pentas wayang ini sekaligus sebagai tasyakuran purna tugas, Dr (Hc) Ir Djoko Kirmanto sebagai Ketua Dewan Penyantun Undip. Pada sore hari sebelum pentas wayang, akan tampil drum blek dari Salatiga yang akan berkeliling kampus. Lakon Dalang Karung-rungan mengisahkan tentang pengembaraan Pendawa yang dikucilkan oleh Kurawa.  Raja Duryudana dengan seluruh kerabat Kurawa mengira bahwa dengan pengucilan tersebut Pandawa makin lemah (paribasan mijet wohing rante), sehingga dengan mudah ditundukkan ketika Perang Baratayuda tiba.  Namun kenyataan menunjukkan bahwa Pendawa makin kuat, karena selalu didampingi oleh para Dewa, salah satunya adanya Dalang Karung-rungan yang merupakan titisan dewanya Puntadewa.  Diharapkan warga kampus bisa hadir menyaksikan dan Pentas Wayang Kulit ini juga gratis, terbuka untuk umum.

Dekan Baru FT M. Agung Wibowo

agungw

Semarang,undip.ac.id- Ir. M. Agung Wibowo, MM, MSc, PhD dari Jurusan Teknik Sipil, akhirnya terpilih sebagai Dekan Fakultas Teknik Undip periode 2015-2018 pada Rapat Senat Tertutup Fakultas Teknik Undip yang dilaksanakan di Gedung Dekanat Lantai 3 Hari Selasa, 28 Oktober 2014 dengan dihadiri oleh 52 orang anggota Senat Fakultas Teknik Undip.

Pembantu Dekan II itu mengungguli  6 calon lainnya yakni Dr. Ir. Bambang Purwanggono, M.Eng  dari Program Studi Teknik Industri, Dr. Ir. Syafrudin, CES., MT.dari Program Studi Teknik Lingkungan, Dr. Ir. Eddy Prianto, CES, DEA dari Jurusan Teknik Arsitektur, Prof. Dr. Ir. A.P. Bayuseno, MSc  dari Jurusan Teknik Mesin, Prof. Dr. rer.nat. Imam Buchori, ST dari Jurusan Teknik Perencanaan dan Wilayah Perkotaan, dan yang terakhir Dr. -Ing. Asnawi, ST Jurusan Teknik Perencanaan dan Wilayah Perkotaan dalam pemilihan Dekan  Fakultas Teknik (FT) Undip yang dilakukan senat, Selasa (28/10), di Dekanat lantai 3 FT Undip.

Proses pemilihan itu berlangsung dalam dua putaran, putaran pertama untuk memperoleh Tiga Bakal Calon Dekan yang akan dipilih pada Putaran kedua

Putaran pertama terpilih Tiga Bakal Calon Dekan: Ir. M. Agung Wibowo,  Prof. Dr. rer.nat. Imam Buchori dan Dr. -Ing. Asnawi

Ir. M. Agung Wibowo pada Pemilihan Calon Dekan mendapatkan 24 suara,  Prof. Dr. rer.nat. Imam Buchori mendapatkan 15 suara dan Dr. -Ing. Asnawi  mendapatkan 13 suara dari jumlah suara Senat Fakultas Teknik  yang hadir.

Dalam  pemaparan visi-misinya Dekan FT Undip terpilih Ir. M. Agung Wibowo ingin membawa FT Undip Menuju Fakultas yang Unggul di Tingkat Internasional Berbasis Riset pada Tahun 2020 dalam bidang kerekayasaan dan teknologi, sehingga menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan kompetitif” ujarnya

“Melakukan riset, publikasi, serta kepemilikan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) sebagai upaya pengembangan Ilmu Pengetahuan, Kerekayasanan dan Teknologi dan Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan memecahkan persoalan masyarakat sebagai upaya penerapan dan pengembangan Ilmu Pengetahuan. IP/RK

Page 9 of 15