Workshop Ecological Engineering

Semarang, sipil.undip.ac.id - Workshop On Ecological Engineering diadakan oleh Jurusan Teknik Sipil Pada Tanggal 26 November 2014 dimana bertempat di Aula A.101, Pembicara Workshop tersebut yaitu Dr. Henk Jonkers dan Senot Sangadji, ST, MT kedua pembicara berasal dari TU DELF Belanda. Acara tersebut di bilang sukses dengan ramainya peserta yang mengikuti acara tersebut. dibawah ini beberapa dokumentasi acara tersebut.

Prof. Yos Rektor Baru UNDIP

Prof Yos Johan Utama terpilih menjadi rektor Undip periode 2015-2019 setelah mengungguli dua kandidat lain pada pemilihan rektor yang digelar di Gedung Prof Soedarto Kampus Undip Tembalang, Kamis (2/4).

" Prof Yos Johan Utama terpilih sebagai Rektor Undip periode 2015-2019," kata Ketua Panitia Pilrek Undip Prof. Sunarso

"Ada tiga anggota senat yang tidak hadir dalam rapat senat kali ini dan jumlah suara 199 tidak ada yang dinyatakan rusak tadi," ujarnya

Prof Yos yang sebelumnya menjabat sebagai Dekan Fakultas Hukum terpilih sebagai Rektor Undip setelah memperoleh 103 suara dan mengalahkan dua kandidat lainnya, yakni Prof. Slamet Budi Prayitno dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) yang memperoleh 61 suara dan Prof M Arifin dari Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP) memperoleh 35 suara

Ketua Panitia pemilihan Calon Rektor Undip Prof.Narso mengatakan waktu pelantikan Prof Yos sebagai Rektor Undip akan dilaksanakan pada tanggal 14 April 2015

Job Fair Undip 2015

 

Semarang,Undip.ac.id Ratusan Lowongan pekerjaan akan disediakan di Job Fair Undip yang diikuti tak kurang  dari  45 perusahaan lokal dan nasional akan turut meramaikan bursa kerja yang diadakan oleh Universitas Diponegoro (Undip),( Jumat-sabtu) 30-31 Januari 2015.

Menurut Ketua Panitia Job Fair Agung Budiatmo menjanjikan ratusan lowongan kerja akan dibuka untuk setiap harinya selama kegiatan berlangsung. Hal ini tentu sesuai dengan tujuan utama event ini, yaitu mempertemukan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dengan calon tenaga kerja yang pas.

 

Agung memperkirakan sekitar 6000 jobseeker akan meramaikan Job Fair Undip ini. Dengan event ini, kata dia, para jobseeker akan merasa diuntungkan.

"Mereka tentunya akan bisa memilih perusahaan yang dinginkan, melakukan tes dan wawancara ditempat," paparnya.

Perusahaan-perusahaan dan BUMN pun diuntungkan, karena mereka bisa merekrut kandidat-kandidat berkualitas dari Undip  dan perguruan-perguruan tinggi lain di Jateng dan DIY. Selain itu, perusahaan-perusahaan tersebut dapat juga melakukan eksibisi untuk memperkenalkan perusahaan yang bersangkutan kepada masyarakat umum.

Bursa kerja nantinya akan berlangsung di Auditorium Undip Pleburan. Tak berbeda dengan gelaran sebelumnya, Job  Fair kali ini terbuka untuk umum bagi job seeker dari seluruh Indonesia baik alumni  maupun bukan.  Perusahaan ternama seperti Bank Mandiri,  PURA Group, NASMOCO, Bank CIMB NIAGA pun akan membuka stand untuk menjaring kandidat pekerja lewat bursa kerja ini.

”Acara ini terbuka untuk umum dari berbagai jurusan dan universitas,” ujarnya

IP/Humas

3 Calon Rektor Undip Sudah di Tetapkan

Universitas Diponegoro menetapkan tiga nama calon rektor yang akan bersaing pada pemilihan kembali rektor yang digelar 2 April mendatang. Tiga calon rektor yang lolos pada proses penyaringan melalui rapat senat tertutup, antara lain Prof Slamet Budi Prayitno dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Prof M Arifin dari Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP), Prof Yos Johan Utama dari Fakultas Hukum Undip.

Tiga Calon ini ditetapkan dari lima bakal calon rektor yang mendaftar di senat universitas, dua calon lain  adalah Prof Ocky Karna Radjasa dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), dan Muhammad Nur dari Fakultas Sains dan Matematika (FSM).

“Pada proses penyaringan, pemilih (anggota senat) yang hadir 119 orang. Prof Slamet Budi memperoleh 37 suara, Prof Arifin 32 suara, Prof Yos 27 suara. Sedangkan Prof Ocky memperoleh 11 suara dan M Nur mendapat 11 suara. Dari jumlah itu, ada satu suara rusak,” papar Ketua Panitia Pilrek Undip Prof Sunarso. Sebelum dilakukan proses penyaringan dari lima bakal calon menjadi tiga calon yang akan maju pada pilrek, kelimanya mengikuti rapat senat terbuka untuk menyampaikan program kerja calon rektor di Gedung Prof Soedarto Kampus Undip Tembalang.

SNMPTN 2015 Resmi Diluncurkan

Semarang, ft.undip.ac.id - SNMPTN 2015 resmi diluncurkan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), M. Nasir pada hari Kamis (15/1) di Auditorium Lantai 2 Gedung D, Ditjen Dikti, Senayan.

Dalam sambutannya, Menristekdikti mengatakan sistem penyelenggaraan SNMPTN masih perlu dievaluasi, terlebih dengan adanya penggabungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemristek). Untuk itu, Menristekdikti berharap Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dapat merespon positif adanya perubahan tersebut . “Hal ini demi kelancaran proses pembelajaran di negeri ini sesuai dengan Undang-Undang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional-red) dan Pendidikan Tinggi” ungkapnya.

Menristekdikti juga menghimbau pelaksanaan SNMPTN 2015 agar tidak terjadi diskriminasi kepada peserta. Baik itu penyandang disabilitas, maupun peserta yang berada di daerah  terluar dan terdepan. “Semua mendapat hak yang sama. Sehingga pendidikan lebih terjamin dan merata” kata Menristekdikti.

SNMPTN 2015 menampung mahasiswa baru untuk setiap program studi (prodi) paling sedikit sebanyak 50%. Tahun ini sebanyak 63 PTN mengikuti proses seleksi dengan SNMPTN. “Untuk 13 PTN baru, belum bisa ikut serta dalam SNMPTN tahun ini karena masih dalam tahap pendampingan” ujar Rochmat Wahab selaku Ketua SNMPTN 2015 menambahkan.

Persyaratan untuk calon peserta SNMPTN antara lain harus sudah berada di kelas terakhir pendidikan menengah (SMA/MA/SMK/MAK), memiliki prestasi akademik, serta memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN. Peserta diperbolehkan memilih maksimal dua PTN dengan ketentuan jika memilih dua PTN, maka salah satu PTN harus berasal dari provinsi yang sama dengan asal sekolah siswa. Untuk pemilihan prodi, peserta dapat memilih maksimal tiga prodi dengan ketentuan satu PTN maksimal dua prodi.

Untuk pendaftaran nantinya masing-masing sekolah dan siswa harus mengisi data terlebih dahulu melalui Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) di laman pdss.snmptn.ac.id yang kemudian akan diverifikasi. Sedangkan untuk pendaftaran prodi PTN melalui laman snmptn.ac.id.

Berikut adalah jadwal pelaksanaan SNMPTN 2015 :

Kegiatan Waktu
Pengisian dan Verifikasi PDSS 22 Januari – 8 Maret 2015
Pendaftaran 13 Februari – 15 Maret 2015
Pengolahan data 16 Maret – 8 Mei 2015
Pengumuman Kelulusan 9 Mei 2015
Pendaftaran ulang peserta yang lulus SNMPTN 9 Juni 2015 (Bersamaan dengan Ujian Tertulis SBMPTN)

Lampiran

MATERI JUMPA PERS SNMPTN 2015

Tautan: www.dikti.go.id

Page 8 of 15