Tim Undip Raih 2 Penghargaan

Tim mahasiswa Universitas Diponegoro untuk pertama kalinya berpartisipasi dalam kompetisi tahunan IDEERS (Introducing and Demonstrating Earthquake Engineering Research in Schools) di Taiwan. UNDIP mengikuti kompetisi tingkat college/ undergraduate bersama dengan 49 tim dari beberapa negara yaitu: Inggris, Australia, Malaysia, Singapura, Filipina, Hongkong, Tiongkok, Indonesia, dan Taiwan sebagai tuan rumah. Pada ajang kompetisi yang berlangsung pada tanggal 10 – 11 September 2016 tersebut, Tim UNDIP diwakili oleh Muhammad Abror Aulia (S1 Sipil), Robert Susanto (S1 Sipil), Zaenal Khafidho (D3 Sipil), Almira Sulistiyono (D3 Sipil) dan Shady Dhamar (S1 Arsitektur).

Pada kompetisi ini, setiap tim membuat struktur dari potongan kayu yang disediakan dengan mengacu pada peraturan yang disyaratkan. Struktur yang dibuat kemudian digetarkan dengan percepatan yang meningkat pada setiap tahap, dari 250 gal sampai dengan 800 gal. Tim UNDIP akhirnya berhasil mendapatkan 2 penghargaan yaitu Efficiency Ratio Certificate of Excellent dan uang tunai sebagai hadiah, serta Quake-Resistant Certificate. Penghargaan Quake-Resistant Certificate diberikan kepada tim yang berhasil membuat struktur yang mampu menahan percepatan getaran sampai 400 gal. Pada kompetisi ini, struktur yang dibuat tim UNDIP mampu bertahan sampai percepatan maksimum yang diberikan yaitu 800 gal tanpa ada kerusakan yang berarti.

ISO 2015

Dalam rangka meningkatkan kinerja untuk melayani pelanggan, Fakultas Teknik UNDIP akan mengikuti sertifikasi sistem manajemen mutu ISO 2015. Bertempat di Gedung E ruang E301 pada tanggal 2 September 2016 telah dilaksanakan sosialisasi dokumen ISO Departemen Teknik Sipil sebagai bagian dari Fakultas Teknik sekaligus Implementasinya. Acara diawali dengan pembukaan oleh Ketua Departemen kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Dekan Fakultas Teknik dan sosialisasi dokumen ISO Departemen Teknik Sipil. Acara ini  diikuti oleh staf dosen, tenaga kependidikan dan perwakilan dari mahasiswa.

Kuliah Umum Alumni Mengajar

Bekerja sama dengan IKATEKSI UNDIP dengan program kerjanya “Alumni Mengajar : 30 Tahun Sejak Menjadi Mahasiswa”, mulai tahun 2015 diselenggarakan Kuliah Umum dari alumni. Tujuan kegiatan ini  untuk menambah wawasan/ informasi bagi mahasiswa dan dosen, memperat hubungan alumni dan almamater dan sharing pengalaman kerja. Kegiatan ini direncanakan rutin setiap tahun, untuk tahun ini yang bertugas adalah alumni angkatan 86. Dengan pembicara:

  1. Deputy Project Director in The Owner Side PT. Green Land Rajawali Utama, Jakarta, Indonesia :  Ir. Heri Atmoko
  2. President Director  PT. Sulawesi Indo Energy dan PT. Infrastruktur Sulawesi Indonesia,  Jakarta, Indonesia : Ir. Ari Rahim

Kuliah Umum mengambil tema Teknologi Konstruksi : Construction Technology for High Rise Building and Transportation Tunnel. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 27 Mei 2016 dan berlangsung sukses, dengan banyaknya mahasiswa yang hadir dan para pengajar.

SERTIJAB Departemen Sipil

Dengan habisnya masa jabatan Ketua dan Sekretaris Jurusan Teknik Sipil FT. UNDIP periode 2012-2016 dan telah dilantiknya Ketua dan Sekretaris Departemen Teknik Sipil masa jabatan 2016-2021, maka pada tanggal 12 Mei 2016 dilakukan serah terima jabatan di lingkungan Fakultas Teknik UNDIP secara serentak.

Ketua Jurusan Teknik Sipil diserahterimakan dari Ir. Sumbogo Pranoto, MS. Ke Ilham Nurhuda, ST., MT., Ph.D. dengan nomenklatur baru Ketua Departemen Teknik Sipil. Sekretaris Jurusan Teknik Sipil diserahterimakan dari Ilham Nurhuda, ST., MT., Ph.D. ke Dr. Dyah Ari Wulandari, ST., MT. dengan nomenklatur baru Sekretaris Departemen Teknik Sipil.

Selamat kepada Ilham Nurhuda, ST., MT., Ph.D. dan Dr. Dyah Ari Wulandari, ST., MT. Selaku Ketua dan Sekretaris Departemen Teknik Sipil periode 2016 – 2021. Mudah-mudahan dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan selalu menjaga amanah yang diberikan. Teknik Sipil UNDIP semakin jaya.

Halal Bi Halal 2016

Bertempat di Gedung Aula A101 pada tanggal 27 Juli 2016, Departemen Teknik Sipil menggelar acara Halal Bihalal sekaligus “selamatan perubahan nomenklatur dari Jurusan Teknik Sipil menjadi Departemen Teknik Sipil”. Acara diikuti oleh seluruh staf dosen, tenaga kependidikan dan darma wanita, dan berlangsung meriah.

Dokumentasi :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Page 4 of 16