Tasyakuran Wisuda Oktober 2016

Semarang, Tasyakuran wisuda periode Oktober 2016 dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2016 di Gedung Aula A101 Departemen Teknik Sipil FT. Undip. Acara ini dihadiri oleh wisudawan, mahasiswa, dosen dan pengurus IKATEKSI.

Lulus 65 mahasiswa, 4 mahasiswa lulus dengan predikat cumlaude yaitu Maghfur Rozak, Syafiiqul Aziz Priani Surya, Kevin Gunawan dan Bryan Robby. Kevin Gunawan selain lulus dengan predikat cumlaude juga merupakan lulusan terbaik dengan indek prestasi 3,73. Selamat berkarya dan kibarkanlah bendera almamatermu.

Dokumentasi :

1  2

3  4

5  6

7  8

9  10

 

 



Workshop Kurikulum 2017

Workshop Penyusunan dan Sinkronisasi Kurikulum 2017

Dalam rangka untuk memantabkan pembelajaran dan hasil belajar, menyesuaikan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta tuntutan dunia kerja, Departemen Teknik Sipil telah melaksanakan workshop penyusunan dan sinkronisasi kurikulum 2017 program sarjana dan program magister pada tanggal 22 – 24 September 2016 di Kaliurang, Yogyakarta. Workshop diikuti oleh seluruh staf pengajar. Workshop diisi dengan penjelasan mengenai kompetensi dan capaian pembelajaran oleh Ketua Departemen, dan dilanjutkan dengan penjelasan mengenai akreditasi internasional. Kemudian dilanjutkan dengan penyusunan kompetensi program sarjana dan program magister, finalisasi kurikulum 2017 dan penyusunan silabi masing-masing mata kuliah.

Pada waktu dan tempat yang sama, tenaga kependidikan Departemen Teknik Sipil mengikuti workshop achievment motivation.

Serangkaian acara workshop diakhiri dengan pemberian inspirasi oleh salah satu alumni yaitu Ir. Hadjar Seti adji.

 

 

 

 

  

 

  

 

 

 

ISO 2015

Dalam rangka meningkatkan kinerja untuk melayani pelanggan, Fakultas Teknik UNDIP akan mengikuti sertifikasi sistem manajemen mutu ISO 2015. Bertempat di Gedung E ruang E301 pada tanggal 2 September 2016 telah dilaksanakan sosialisasi dokumen ISO Departemen Teknik Sipil sebagai bagian dari Fakultas Teknik sekaligus Implementasinya. Acara diawali dengan pembukaan oleh Ketua Departemen kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Dekan Fakultas Teknik dan sosialisasi dokumen ISO Departemen Teknik Sipil. Acara ini  diikuti oleh staf dosen, tenaga kependidikan dan perwakilan dari mahasiswa.

Tim Undip Raih 2 Penghargaan

Tim mahasiswa Universitas Diponegoro untuk pertama kalinya berpartisipasi dalam kompetisi tahunan IDEERS (Introducing and Demonstrating Earthquake Engineering Research in Schools) di Taiwan. UNDIP mengikuti kompetisi tingkat college/ undergraduate bersama dengan 49 tim dari beberapa negara yaitu: Inggris, Australia, Malaysia, Singapura, Filipina, Hongkong, Tiongkok, Indonesia, dan Taiwan sebagai tuan rumah. Pada ajang kompetisi yang berlangsung pada tanggal 10 – 11 September 2016 tersebut, Tim UNDIP diwakili oleh Muhammad Abror Aulia (S1 Sipil), Robert Susanto (S1 Sipil), Zaenal Khafidho (D3 Sipil), Almira Sulistiyono (D3 Sipil) dan Shady Dhamar (S1 Arsitektur).

Pada kompetisi ini, setiap tim membuat struktur dari potongan kayu yang disediakan dengan mengacu pada peraturan yang disyaratkan. Struktur yang dibuat kemudian digetarkan dengan percepatan yang meningkat pada setiap tahap, dari 250 gal sampai dengan 800 gal. Tim UNDIP akhirnya berhasil mendapatkan 2 penghargaan yaitu Efficiency Ratio Certificate of Excellent dan uang tunai sebagai hadiah, serta Quake-Resistant Certificate. Penghargaan Quake-Resistant Certificate diberikan kepada tim yang berhasil membuat struktur yang mampu menahan percepatan getaran sampai 400 gal. Pada kompetisi ini, struktur yang dibuat tim UNDIP mampu bertahan sampai percepatan maksimum yang diberikan yaitu 800 gal tanpa ada kerusakan yang berarti.

SERTIJAB Departemen Sipil

Dengan habisnya masa jabatan Ketua dan Sekretaris Jurusan Teknik Sipil FT. UNDIP periode 2012-2016 dan telah dilantiknya Ketua dan Sekretaris Departemen Teknik Sipil masa jabatan 2016-2021, maka pada tanggal 12 Mei 2016 dilakukan serah terima jabatan di lingkungan Fakultas Teknik UNDIP secara serentak.

Ketua Jurusan Teknik Sipil diserahterimakan dari Ir. Sumbogo Pranoto, MS. Ke Ilham Nurhuda, ST., MT., Ph.D. dengan nomenklatur baru Ketua Departemen Teknik Sipil. Sekretaris Jurusan Teknik Sipil diserahterimakan dari Ilham Nurhuda, ST., MT., Ph.D. ke Dr. Dyah Ari Wulandari, ST., MT. dengan nomenklatur baru Sekretaris Departemen Teknik Sipil.

Selamat kepada Ilham Nurhuda, ST., MT., Ph.D. dan Dr. Dyah Ari Wulandari, ST., MT. Selaku Ketua dan Sekretaris Departemen Teknik Sipil periode 2016 – 2021. Mudah-mudahan dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan selalu menjaga amanah yang diberikan. Teknik Sipil UNDIP semakin jaya.

Page 3 of 15