Mahasiswa Sipil Juara 1 Lomba Beton

Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Diponegoro kembali berhasil mengukir prestasi gemilang. Kali ini tim yang diberi nama “Bright Circle” yang terdiri dari Muhammad Rizki Zulfikar, Rina Susilawati, Juang Rais Zhafron (Teknik Sipil 2015) yang di bimbing oleh Ir. Purwanto, M.T., M.Eng. berhasil meraih juara pertama dalam ajang perlombaan Civil Engineering Days di Universitas Atma Jaya Yogyakarta .

Pada lomba tahun ini, kompetisi mengambil tema beton mutu tinggi yang ramah lingkungan, yang diberi nama judul Innovation of High Strength Green Concrete Competition. Tim Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Diponegoro mengangkat tema penggunaan bahan sisa buangan pabrik tebu sebagai bahan subtitusi semen.

 

BR

 

Pada proses awal kompetisi, peserta diminta untuk mengirimkan proposal lomba yang berisikan konsep lengkap termasuk perhitungan yang dibutuhkan. Dari 45 tim yang mengikuti seleksi, terpilih 20 finalis yang berhasil lolos ke tahap berikutnya. Tim yang lolos seleksi kemudian melanjutkan kompetisi dengan membuat sampel beton dengan kuat tekan yang telah ditentukan. Pengujian kuat tekan beton dilaksanakan pada Senin, 10 April 2017. Diambil 5 tim terbaik untuk melanjutkan ke tahap final pada tanggal 12 Mei 2017 untuk mempresentasikan hasil karya yang telah mereka rancang.

Setelah melalui kompetisi yang ketat, akhirnya tim Bright Circle berhasil meraih juara 1 pada lomba tersebut. Selamat kepada tim “Bright Circle”. Semoga prestasi yang diraih mereka dapat menginspirasi rekan-rekan mahasiswa Teknik Sipil lainnya untuk dapat berprestasi dan mengharumkan nama Universitas Diponegoro.

Green Grove 2017

Kegiatan Green Grove merupakan kegiatan penanaman Mangrove yang dilaksanakan di desa Bedono, Kecamatan Sayung, Demak oleh Mapateksi. Green groove tahun 2017 ini merupakan tahun ketujuh pelaksanaan penanaman mangrove di desa tersebut. Pada tahum ini pula Mapateksi bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Jawa Tengah mempersiapkan 4000 bibit untuk ditanam di daerah-daerah yang rawan abrasi di desa Bedono.

 

gg

Spot A Penanaman Mangrove

 

gg2

Spot B Penanaman Mangrove

 

Kegiatan ini pertama kali di inisisai oleh Ketua Mapateksi 2010 M.Fiqi Gozhari yang prihatin dengan abrasi air laut yang terus merangsak naik ke daratan dan merendam pemukiman hingga memutus jalan yang merupakan akses antar desa. Kini ditahun yang ketujuh, kondisi di Desa Bedono sudah lebih baik dengan adanya mangrove karena ditekannya laju abrasi.  

 

gg3    gg4

 

 

 

 

 

 

 Spot A Penanaman Mangrove                                                                       Spot B Penanaman Mangrove

 

Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 25 Maret 2017 ini berjalan dengan lancar. Penanaman diikuti oleh kurang lebih 100 orang peserta diantaranya mahasiswa, Siswa SD Bedono 3 dan dari OISCA. 4000 bibit mangrove pun sudah tertanam semua. Semoga apa yang telah di lakukan para peserta penanaman mangrove kali ini dapat tumbuh besar dan bermanfaat bagi warga sekitar.

 

gg5

Foto Bersama Panita dan Peserta Green Groove

Bridge Construction Competition Civest 2017

Kompetisi yang diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Jakarta, Depok, Jawa Barat pada tanggal 7 – 9 Maret ini membawa tim UNDIP meraih tiga penghargaan sekaligus. Lomba Rancang Jembatan tingkat nasional ini diikuti oleh 33 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

 

1

 

Tahap awal dari lomba ini adalah tahap seleksi dimana dilakukan proses seleksi proposal untuk mendapatkan 8 proposal terbaik yang akan keluar sebagai finalis. Tahap final diikuti oleh 1 tim dari Undip, 2 Tim dari ITS, 2 Tim dari PNJ, 1 Tim dari UGM, 1 Tim dari UNESA, dan 1 Tim dari POLINES.

Rangakain acara final meliputi presentasi, pembuatan dan pengujian prototype jembatan dengan beban maksimum 100 kg. Juara yang diperebutkan yaitu juara 1, 2, 3 serta 3 Juara Kategori, antara lain Kategori Jembatan Terkokoh, Kategori Metode Pelaksanaan Tercepat, dan Kategori Jembatan Terealistis.

 

2

 

Tim Arka Syailendra yang mewakili Undip memperoleh 3 penghargaan yaitu juara 1, Juara Kategori Jembatan terkokoh, dan Kategori Jembatan dengan Metode Pelaksanaan Tercepat.

Sipil Peduli Waduk Pendidikan Undip

Agenda bersih waduk yang diselenggarakan bidang PSDM HMS 2017 dan diikuti oleh seluruh mahasiswa Teknik Sipil Undip angkatan 2014 dan 2016 merupakan agenda yang bertujuan untuk mengenalkan pengabdian masyarakat kepada angkatan 2016 serta lebih mengenal waduk pendidikan milik Undip.

 

WhatsApp Image 2017 06 09 at 8.55.54 AM

WhatsApp Image 2017 06 09 at 8.55.58 AM1

 

Kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan waduk yang bersih dan nyaman serta membuat mahasiswa lebih mengenal lingkungan. Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 11 Maret 2017 juga sebagai sarana pencerdasan waduk pendidikan Undip kepada mahasiswa.

 

WhatsApp Image 2017 06 09 at 8.55.55 AM1

 WhatsApp Image 2017 06 09 at 8.55.55 AM

              

 

 

 

 

 

WhatsApp Image 2017 06 09 at 8.55.56 AM  WhatsApp Image 2017 06 09 at 8.56.00 AM

WhatsApp Image 2017 06 09 at 8.55.59 AM   WhatsApp Image 2017 06 09 at 8.55.57 AM1

Kuliah Umum dan Seminar Nasional 86

Kuliah umum dan seminar nasional yang dilaksanakan oleh HMS Undip bersama Alumni Teknik Sipil Undip angkatan ‘86 merupakan rangkaian kegiatan dari acara ulang tahun angkatan ’86 yang ke 30. Kuliah umum diadakan pada hari Jumat, 3 Maret 2017, memiliki tema “Teknik Sipil Sebagai Motor Penggerak Pembangunan Semesta Indonesia”. Sedangkan untuk Seminar nasional yang diadakan keesokan harinya memiliki tema “Lompatan Teknologi Angkutan Massal”.

 kus

 

Kegiatan yang berlangsung di ruang A101 Teknik Sipil Undip ini tidak hanya melakukan sharing ilmu melalui kuliah umum dan seminar nasional, tetapi juga memberikan bantuan kepada Departemen Teknik Sipil dan juga HMS. Sharing ilmu dan pemberian bantuan ini merupakan wujud nyata dari rasa cinta alumni kepada almamater.

 kus2

3

4

Page 1 of 15