IKATAN ALUMNI TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS DIPONEGORO

IKATEKSI Harus Kedepankan Kajian Ilmu

alumni-suaramerdeka

 

SEMARANG - Ikatan Alumni Teknik Sipil (Ikateksi) Undip harus mengedepankan kajian ilmu ketekniksipilan untuk mengatasi permasalahan di masyarakat sepert banjir, rob, ataupun pembuatan bangunan tahan gempa. Permasalahan itulah yang kerap dihadapi oleh masyarakat Indonesia umumnya.

''Seperti Kota Semarang. Permasalahan rob, banjir, dan tanah longsor menjadi permasalahan yang belum banyak teratasi. Ini tugas lulusan teknik sipil khususnya Undip memberi sumbangsih keilmuannya,'' kata Komisaris Utama Suara Merdeka Group Ir H Budi Santoso saat menerima kunjungan jajaran pengurus Ikateksi Undip di Lantai XVII Menara Suara Merdeka, kemarin.

 

Ikut dalam rombongan Dekan Fakultas Teknis Sipil Undip Ir Bambang Pudjianto MT dan Ketua Jurusan Teknik Sipil Ir Sumbogo Pranoto MT. Ia meminta Ikateksi tak hanya menjadi lembaga kumpul saja, tetapi harus memberi sesuatu kepada masyarakat.

''Dalam pertemuan rutin, harus ada sesuatu yang dihasilkan. Nanti harus disampaikan kepada pemerintah. Suara Merdeka juga siap membantu sosialisasi hasil hasil diskusi,'' tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ir Budi Santoso yang didaulat menjadi penasehat Ikateksi berharap, dengan adanya Ikateksi ini perkembangan ilmu teknik sipil bisa disosialisasikan. ''Dalam wadah ini harus ada semacam transfer ilmu keteknik sipilan,'' katanya.

Ketua Ikateksi Undip Dr Ir MR Priyanto menambahkan, lembaga yang dipimpinnya itu tak sekadar mengumpulkan balung pisah bagi seseorang yang pernah belajar di Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil Undip. Lebih jauh, dengan adanya wadah ini antar alumni bisa berinteraksi dan bertukar informasi. ''Terutama pada perkembangan ilmu  teknik sipil. Justru, ilmu baru bisa didapat dari alumni yang telah bekerja,'' kata Priyanto. Sejauh ini, pihaknya berhasil mengumpulkan lebih dari 7.000 alumnus Teknik Sipil Undip. Ikateksi dalam menjalankan roda organisasi memegang teguh tri dharma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. "Tiga hal ini menjadi dasar kami." tandasnya

Tautan Suara Merdeka

Cari Alumni